Senin, 08 Oktober 2012

CONTOH ETIKA DALAM MASYARAKAT



CONTOH ETIKA DALAM MASYARAKAT

Sudah jadi kebiasaan umum di Indonesia ketika etika sopan santun dalam perjamuan tamu yang mengadopsi etika  bangsa barat yang di anggap modern. Contoh nya di masyarakat ketika berjamu hidangan makanan, kultur nya dengan makan yang sopan duduk  di kursi atau tikar dengan maksud agar suasana makan agar khidmat kita tenang dalam menikmati hidangan tersebut tidak berdiri seperti budaya barat ntah saat party di kebun atau saat party ulang tahun, makan tidak bicara merupakan kultur budaya timur, dan sebelum makan haruslah di mulai dengan berdoa merupakan bentuk syukur kita terhadap rezeki yang allah swt berikan.
Budaya barat meluapkan rasa syukur atas pemberian rezeki makanan dengan standing party sambil berdiri menurut mereka cara seperti ini sopan sesuai kultur budaya nya namun menurut kultur budaya timur seperti orang Indonesia hal demikian tidak memiliki tata laku sopan santun, istilah orang Indonesia mengenai makan sambil berdiri seperti “kuda saja makan sambil berdiri” tidak bisa kah duduk  dengan sopan ?
Menurut saya semua orang di seluruh pelosok dunia dari utara sampai selatan memiliki kultur budaya yang beragam sesuai adat istiadat daerah setempat, kultur tersebut ada sisi positif dan negative nya sesuai dengan sudut pandang orang lain yang berbeda kultur memandang nya, dari contoh di atas jika kita mengaku bangsa yang berbudaya timur seperti bangsa Indonesia sebaik nya kita tetap mempertahankan budaya kita yang beretika saat penjamuan hidangan saat acara tertentu jangan kita mudah terhipnotis dengan budaya luar. Sebab banyak sekali kita temukan contoh agar terbilang keren,gaul,dan tidak ketinggalan zaman dari remaja, ibu-ibu, dan bapak-bapak saat ada acara tertentu di temukan saja makan sambil berdiri, berbicara dengan teman di sebelah nya. Saya harap sikap tersebut dapat di rubah, dan kembalikan kultur budaya bangsa timur seperti hal nya nenek monyang kita telah mengajarkan nya. Tidak ada yang susah untuk memulai mempraktekkan nya saya pun mencoba seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar