Sabtu, 06 Oktober 2012

TUGAS TAMBAHAN M1


Pengertian Etika Menurut Beberapa Pendapat Ahli

§       Kamus Besar Bahasa Indonesia (Department Pendidikan dan Kebudayaan, 1998) pengertian etika dimaksud sebagai ilmu tentang apa yang baik dan buruk, tentang hak dan kewajiban moral, nilai-nilai dan norma-norma moral yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
§       Menurut Maryani & Ludigdo (2001) “Etika adalah Seperangkat aturan atau norma atau pedoman yang mengatur perilaku manusia, baik yang harus dilakukan maupun yang harus ditinggalkan yang di anut oleh sekelompok atau segolongan masyarakat atau profesi”
§       Etika adalah ajaran (normatif) dan pengetahuan (positif) tentang yang baik dan yang buruk, menjadi tuntutan untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.
§       Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.
§       Drs. O.P. Simorangkir
Etika atau etik sebagai pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
§       Drs. Sidi Gajalba dalam sistematika filsafat
Etika adalah teori tentang tingkah laku perbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
§       Drs. H. Burhanudin Salam
Etika adalah cabang filsafat yang berbicara mengenai nilai norma dan moral yang menentukan perilaku manusia dalam hidupnya

  
Perbedaan Antara Hedonisme dan Egoisme

Menurut buku “Filsafat Moral”, Hedonisme merupakan salah satu teori etika yang paling tua, paling sederhana, paling kebenda-bendaan, dan dari abad ke abad selalu kita temukan. Untuk aliran ini, kesenangan (kenikmatan) adalah tujuan akhir hidup dan yang baik yang tertinggi. Kaum hedonis modern memilih kata kebahagiaan untuk kesenangan. Dalam kamus Collins Gem (1993)  hedonisme adalah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal yang paling penting dalam hidup.

Paham hedonisme adalah suatu paham yang mementingkan kesenangan. Apabila paham tersebut diterapkan di era saat ini menurut saya dapat menjadikan seseorang yang menganut paham tersebut menjadi orang yang tidak memiliki rasa bersyukur karena semua hanya berdasarkan kesenangan semata. Dimana yang dinikmati hanya kesenangan duniawi, menjadikan kesenangan itu menjadi tujuan hidupnya. Sehinggan akan menimbulkan dampak-dampak yang negatif dan merusak penganut paham tersebut. Contoh hedonisme yang banyak terjadi saat ini seperti pejabat Negara yang mengemban tugas yang isi nya amanah untuk mensejahterakan rakyat namun karna tergiur uang yang berlimpah maka mereka  korupsi uang yang bukan hak nya, uang tersebut untuk kesenangan pribadi beserta keluarga nya, bahkan uang haram itu untuk kesenangan nya berbagi dengan kelompok partai atau tim sukses nya di luar sana untuk memperlancar jalan picik mereka. Namun di sisi lain hedonisme walaupun lebih mencari kesenangan dunia yang di kejar kadang ada sisi baik dari tindakan itu walaupun ada sisi buruk untuk korban hedonisme nya contoh : sebuah keluarga ibu dan ayah nya kerja, dan memiliki anak yang masih kecil, anak nya di urus pembantu. Meski orang tua lebih giat mencari nafkah untu anak nya sampai tidak ada libur hanya untuk mecari uang yang banyak demi kesenangan untuk kebutuhan pribadi di salah satu sisi kesenangan itu tidak di rasakan sendiri, karnna kesenangan itu di bagi untu kebutuhan anak nya sekolah sampai jenjang tinggi melebihi jenjang pendidikan orang tua nya.

Sedangkan Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat. Istilah lainnya adalah "egois". Dia tidak peduli apa dampak yang orang lain rasakan dari apa yang telah ia lakukan. Yang terpenting adalah kebahagiannya sendiri
Perbedaan yang amat jelas dari hedonisme dengan egoisme yaitu apabila sama-sama ingin mendapatkan kebahagian (hedonisme masih peduli untuk membagikan kebahagiannya agar di rasakan orang di sekitarnya “seperti ilustrasi contoh diatas”), sedangkan (egoisme sifat yang benar menganggap pendapat/tindakan nya benar tidak peduli dengan saran dari luar “egois” dalam mencari kebahagiaan mutlak untuk diri nya saja tampa iba atau peduli dengan keadaan sekeliling yang membutuhkan ).
Sumber Penulisan :
bsanti.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/13137/Teori++etika.ppt


1 komentar:

  1. Bagus nih soal filsafat mengetahui jati diri manusia.. Tapi khusus tugas yya nih blog??

    BalasHapus